MAIN MENU |
Pengaruh Model Pakem terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Abstrak
Artikel ini ingin mengkaji tentang pengaruh model PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Kristen. Hasil belajar yang baik tidak muncul begitu saja. Hasil belajar yang baik tentu merupakan bagian dari suatu upaya yang terstruktur harus dilakukan baik oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan maka penulis menemukan ada pengaruh yang signifikan model PAKEM terhadap hasil belajar PAK siswa di SD 2 PSKD Kwitang Jakarta Pusat tahun ajaran 2017/2018. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan metodologi yang baku, maka didapat hasil perhitungan korelasi antara kedua variabel adalah sebesar 0.284 dan masuk pada kategori positif. Berdasarkan uji regresi didapat hasil regresi antara kedua variabel sebesar 0,490 atau 49% yang berarti bahwa model PAKEM memberi kontribusi sebesar 49% terhadap peningkatan hasil belajar PAK. Dengan demikian penerapan model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran pendidikan agama Kristen, namun demikian hal tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya acuan karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia Edisi Studi, Jakarta LAI, 2010.
Ahmadi, Abu. Didaktik Metodik II. Semarang: CV. Toha Putra. 1998.
Asrori, Mohammad. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2007.
Belly, Ellya. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi. Simposium Nasional Akuntasi Padang, 2006.
Bob dan Anik Anwar.. Pedoman Pelaksanaan Menuju Pra Seleksi Murni. Bandung: Ganesa Exact, 1983.
Buchari. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Aksara Baru, 1985.
Depdiknas,. Himpunan Perundang-undnagan Republik Indonesia, Humas Depdiknas, Jakarta, 2007.
Djayadisastra, Yusuf. Psikologi Perkembangan. Bandung: BPGT, 1989.
E Mulyasa. Kurikulum Berbasis Komputer, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Gie. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti, 1995.
Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito, 1983.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System, Bumi Aksara Jakarta, 2001.
Hardjana. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius. 1994.
Hasnawiyah. Minat dan Motivasi Siswa terhadap Jurusan Biologi pada SMA di Ujungpandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujungpandang.
Kartono, K. Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Karim, M. Rusli. Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial, Tiara Wacana Yogyakarta, 1991.
Kartono, Kartini. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju, 1995.
Kusairi, Sentot. Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivis dan Kendala-kendala Implementasinya. FMIPA UM, 2003.
Loekmono. Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remadja Karya, 1989.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. Analisis data kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 1992.
M. Dahlan. Al-Barri & L. Lya Sofyan Yacub. Kamus Induk Ilmiyah,Target Press Surabaya, 2003.
Samosir, Marten. Seni Berpikir Kreatif. Jakarta: Erlangga, 1992.
Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Malang: PT. Rineka Cipta, 1983.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya
Sudarmono. Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta: Grasindo. 1994.
Sudjana, Nana, 1996. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru lgesindo, Bandung, 1996.
Sukardi. Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya: Usaha Nasional, 1987.
Sujanto. Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses. Rineka Cipta, 1981.
Suharsimi. Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, edisi revisi VI, Rineka Cipta Jakarta, 2006.
Sumadi, Suryabrata. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1988.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Tatang, Amirin. Pokok-pokok Teori Sistem, Jakarta: Rajawali Pers, 1996.
Tono, Achmad. Metode Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru, 1978.
DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v2i1.3
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen