MAIN MENU |
Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Minat Belajar Siswa di SD Kasih Anugrah, Jakarta Barat
Abstract
Abstrak
Minat belajar siswa merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari pembelajaran. Karena jika didalam diri siswa tidak ada dorongan kemauan untuk belajar tentu keberhasilan belajar akan sulit tercipta walaupun pendidik telah mengupayakan kopetensinya. Guru harus mampu menjadi inpirasi bagi siswa sehingga siswa akan lebih terpacu minat belajarnya. Kreativitas guru dalam pembelajaran dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah mengenai kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas Guru PAK terhadap minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di SD Kasih Anugrah Tegal Alur, Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode Kuantitatif dan mengambil lokasi di SD Kasih Anugrah di Tegal Alur, Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas V dan IV yang berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel pertama berjumlah 37 siswa, dan pengambilan sampel yang kedua adalah 50 siswa. Teknik pengambilan datanya mengunakan wawancara, angket, sertya dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus Regresi Linear. Hasil dari penelitian ini menunjukan besar nilai Sig < 0,05. Dengan demikian variabel kreativitas guru pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk kelas VII dan IV dalam pembelajaran sangat rendah pengaruhnya dan tidak signifikan terhadap minat belajar siswa. Besarnya koefesien determinsi (R2) yakni 0,105 atau 10.5% yang berarti besar pengaruhnya dari kreatvitas guru PAK terhadap minat belajar siswa sebesar 89.5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Full Text:
PDFReferences
Agus Sudjanto, Psikologi Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995
Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana, 2013
Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia Edisis Studi, Jakarta Lai, 2010.
Andreas B. Subagyo, Pengantar Riset Kuantitatif. Bandung ; Kalam Hidup. 2004
Azhar Arsad. Media Pembelajaran, Jakarta :Raja Grafindo Persada . 2003
B.S. Sidjabat. Mengajar Secara Profesional. Bandung : Kalangan Hidup, 2011.
Cece Wijaya, Upaya Perubahan Dan Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya. 1999
Cronbach’s alpha, internet consistency
Fenieli Harefa, Bahan Ajar Mata kuliah Stistika, Diktat, 2019.
D.P . Tampubolon. Mengembangkan Minat Membaca Pada Anak. Bandung : Angkasa . 2003
Daryanto, Belajar Dan Mengajar. Bandung : Cv . Yrama Widya , 2010
Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2011
E.Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan . Bandung : Pt. Rosdayakarta . 2009
Faorta Telaumbanua. Pengelolaan Data Dan Penelitian, Perbandingan Dan Hubungan. Jakarta : Fkip Uki. 2006
http://en.wikipedia.org/wiki/Cronbach’s alpha
Hamzah B. Uno. Belajar Dengan Pendekata. P.A.I.K.E.M. Jakarta : Pt Bumi Aksara. 2012
Henowo. Menjadi Guru Yang Mau Dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung : Mlc. 2007
Hm. Musfiqon. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Pt Prestasi Pustakarya . 2012
Homrighausen Dan Enklar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Bpk Gunung Mulia . 2015
Ismail. Ajarlah Mereka Melalukan . Jakarta : Bpk Gunung Mulia. 2004
John M Echols, Hasan Sandily. Kamus Bahasa Inggris –Indonesia. Jakarta : Gremedia . 2000
Leater Descroph D. Dan Aliance Croph. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Z. Kasijian. Surabaya : Bina Ilmu.1984
Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Terjemahan Baru. Jakarta: L.A.I. 2011
M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2009
Mohamad Nazir. Metodelogi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia. 1988
Munadar. Kreativitas Dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama. 2002
Nana Syaodi Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2003
Ngainun Naim. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .2011
Poerwardarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1986
Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berioreantsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group. 2016
Singgih D. Gunarasa. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Bpk Gunung Mulia. 2003
Singgih D. Gunarasa.Psikologi Perawatan. Jakarta : : Bpk Gunung Mulia. 1989
Singgih Santosa. Menggunakan Spss Untuk Statistik Parametrik . Jakarta : Elex Media Kompotindo. 2006
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta .2013
Soenarto. Teknik Sampling. Jakarta : Proyek Pengembangan Lptk Ditjen Dikti Dekdibud. 1987
Soetomo Dan Soemanto, Hidayat. Dasar Dan Teori Pendidikan Dunia. Surabaya : Usaha Nasional. 2002
Surayin. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan Ke Iv. Bandung : Yrama Widya. 2007
Suyanto Dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta ; Penerbit Erlangga. 2013
Thomas H. Groome. Christian Relegious Education. Jakarta .2015
Tomi Buzan. Sepuluh Cara Jadi Orang Yang Jenius Kreatif. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama. 2003
Udin Syaefudin Sud. Pengembangan Propesi Guru. Banung : Alfabeta. 2009
W.J.S. Poerwadarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1985
Welgito. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Cv Andi .2010
Zaskia Darajat. Kepribadian Guru. Jakarta : Bulan Bintang. 1980
DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v2i2.18
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen