Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Minat Belajar Siswa di SD Kasih Anugrah, Jakarta Barat

Deshilda Sandika Zebua

Abstract


Student interest in learning is one of the critical success factors of learning. Because if there is no motivation within students to learn, of course learning success will be difficult to create even though educators have sought co-ops. The teacher must be able to be an inspiration for students so students will be more motivated by their interest in learning. Teacher creativity in learning can be a solution to solve problems regarding the lack of student interest in learning. This study aims to analyze the influence of PAK teacher creativity on student learning interest, especially in Christian religious education subjects at SD Kasih Anugrah Tegal Alur, West Jakarta. The method used in this research is a quantitative method and takes place at the Kasih Anugrah Elementary School in Tegal Alur, West Jakarta. The population in this study were grade V and IV students, amounting to 100 students. The first sample was 37 students, and the second sample was 50 students. Data collection techniques using interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis technique used in this study is the Linear Regression formula. The results of this study indicate the value of Sig <0.05. Thus, the creativity variable of PAK teachers for grades VII and IV in learning has very low influence and is not significant on student interest in learning. The magnitude of the coefficient determinant (R2) is 0.105 or 10.5%, which means that the effect of PAK teacher creativity on student learning interest is 89.5% influenced by other factors.


Abstrak
Minat belajar siswa merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari pembelajaran. Karena jika didalam diri siswa tidak ada dorongan kemauan untuk belajar tentu keberhasilan belajar akan sulit tercipta walaupun pendidik telah mengupayakan kopetensinya. Guru harus mampu menjadi inpirasi bagi siswa sehingga siswa akan lebih terpacu minat belajarnya. Kreativitas guru dalam pembelajaran dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah mengenai kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas Guru PAK terhadap minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di SD Kasih Anugrah Tegal Alur, Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode Kuantitatif dan mengambil lokasi di SD Kasih Anugrah di Tegal Alur, Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas V dan IV yang berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel pertama berjumlah 37 siswa, dan pengambilan sampel yang kedua adalah 50 siswa. Teknik pengambilan datanya mengunakan wawancara, angket, sertya dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus Regresi Linear. Hasil dari penelitian ini menunjukan besar nilai Sig < 0,05. Dengan demikian variabel kreativitas guru pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk kelas VII dan IV dalam pembelajaran sangat rendah pengaruhnya dan tidak signifikan terhadap minat belajar siswa. Besarnya koefesien determinsi (R2) yakni 0,105 atau 10.5% yang berarti besar pengaruhnya dari kreatvitas guru PAK terhadap minat belajar siswa sebesar 89.5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Agus Sudjanto, Psikologi Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana, 2013

Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia Edisis Studi, Jakarta Lai, 2010.

Andreas B. Subagyo, Pengantar Riset Kuantitatif. Bandung ; Kalam Hidup. 2004

Azhar Arsad. Media Pembelajaran, Jakarta :Raja Grafindo Persada . 2003

B.S. Sidjabat. Mengajar Secara Profesional. Bandung : Kalangan Hidup, 2011.

Cece Wijaya, Upaya Perubahan Dan Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya. 1999

Cronbach’s alpha, internet consistency

Fenieli Harefa, Bahan Ajar Mata kuliah Stistika, Diktat, 2019.

D.P . Tampubolon. Mengembangkan Minat Membaca Pada Anak. Bandung : Angkasa . 2003

Daryanto, Belajar Dan Mengajar. Bandung : Cv . Yrama Widya , 2010

Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2011

E.Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan . Bandung : Pt. Rosdayakarta . 2009

Faorta Telaumbanua. Pengelolaan Data Dan Penelitian, Perbandingan Dan Hubungan. Jakarta : Fkip Uki. 2006

http://en.wikipedia.org/wiki/Cronbach’s alpha

Hamzah B. Uno. Belajar Dengan Pendekata. P.A.I.K.E.M. Jakarta : Pt Bumi Aksara. 2012

Henowo. Menjadi Guru Yang Mau Dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung : Mlc. 2007

Hm. Musfiqon. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Pt Prestasi Pustakarya . 2012

Homrighausen Dan Enklar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Bpk Gunung Mulia . 2015

Ismail. Ajarlah Mereka Melalukan . Jakarta : Bpk Gunung Mulia. 2004

John M Echols, Hasan Sandily. Kamus Bahasa Inggris –Indonesia. Jakarta : Gremedia . 2000

Leater Descroph D. Dan Aliance Croph. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Z. Kasijian. Surabaya : Bina Ilmu.1984

Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Terjemahan Baru. Jakarta: L.A.I. 2011

M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2009

Mohamad Nazir. Metodelogi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia. 1988

Munadar. Kreativitas Dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama. 2002

Nana Syaodi Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2003

Ngainun Naim. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .2011

Poerwardarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1986

Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berioreantsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group. 2016

Singgih D. Gunarasa. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Bpk Gunung Mulia. 2003

Singgih D. Gunarasa.Psikologi Perawatan. Jakarta : : Bpk Gunung Mulia. 1989

Singgih Santosa. Menggunakan Spss Untuk Statistik Parametrik . Jakarta : Elex Media Kompotindo. 2006

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta .2013

Soenarto. Teknik Sampling. Jakarta : Proyek Pengembangan Lptk Ditjen Dikti Dekdibud. 1987

Soetomo Dan Soemanto, Hidayat. Dasar Dan Teori Pendidikan Dunia. Surabaya : Usaha Nasional. 2002

Surayin. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan Ke Iv. Bandung : Yrama Widya. 2007

Suyanto Dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta ; Penerbit Erlangga. 2013

Thomas H. Groome. Christian Relegious Education. Jakarta .2015

Tomi Buzan. Sepuluh Cara Jadi Orang Yang Jenius Kreatif. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama. 2003

Udin Syaefudin Sud. Pengembangan Propesi Guru. Banung : Alfabeta. 2009

W.J.S. Poerwadarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1985

Welgito. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Cv Andi .2010

Zaskia Darajat. Kepribadian Guru. Jakarta : Bulan Bintang. 1980




DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v2i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen



toto slot