Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di STT Hagiasmos Mission Jakarta

Pengalaman Gulo

Abstract


Artikel ini mengkaji pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan metodologi yang baku, maka didapat hasil perhitungan korelasi antara kedua variabel adalah sebesar(0.835) dan masuk pada kategori positif dan sangat kuat. Berdasarkan uji regresi di dapat hasil regresi antara kedua variabel sebesar 0,697 atau 69,7% yang berarti bahwa pembelajaran jarak jauh memberi kontribusi 69,7% terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran jarak jauh bisa diterapkan karena memiliki pengaruh yang baik, namun hal tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya acuan karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa
Kata Kunci: Pembelajaran, Jarak. Jauh, Hasil, Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, Rike, and Rasto Rasto. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar

Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 80.

Anggy Girl Prawiyogi dkk, Efektifitas Pembelajaran Jarak jauh Terhadap Pembelajaran

Siswa, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia Aunabmualet Olutazora,“Pendidikan Agama Kristen”. Jurnal Volume 1 No. 1, Desember 2018

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung:

Alfabeta, 2009

Muhammad Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2018

Mulyono, Strategi Pembelajaran, ( Malang: UIN-Maliki Press, 2012)

Patmawati, Desti, Rustono Ws, and Momoh Halimah. “Pengaruh Media Audio Visual

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2018): 308–316.

Radnaksi, Desain Pembelajaran Berbasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jakarta:

gaung Persada, 2011

Sidautar Jesicca Laura , “Pengaruh Model Pakem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan

Agama Kristen”, Jurnal Voice of HAMI, 2019,

Sidabutar Jesicca Laura, Sinergisme Guru PAK dan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama

Kristen, Jakarta: Yayasan Covindo,2020

Sulastri dkk, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis

Masalah, Jurnal Kreatif Online Vol. 3 No. 1

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,

Widodo Lusi Widayanti, Peningkatan Aktivitas Belajar dan hasil Belajar Siswa Dengan

Metode Problem Based Learning, Yogyakarta: Jurnal, 2013

Zai Odaligo, Sinergisme Guru PAK dan Orang Tua dalam Pendidikan Agama Kristen,

Jakarta: Yayasan Covindo,2020.




DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v4i2.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

toto slot