PENDIDIKAN KRISTEN DAN SPIRITUALITAS DI ERA DIGITAL: TANTANGAN, PELUANG, DAN STRATEGI

Dandi Saputra, Iren Sihombing

Abstract


Abstract

The current digital era is experiencing increasingly modern technological developments, making it easier for humans to obtain various information, be it information that is spiritually constructive or information that is destructive to every Christian value and our spirituality. At this time, opportunities have opened up for every believer to explore life in accordance with the values of Spirituality. Christian education and spirituality must undergo a transformation in order to adapt to the current developments. With this transformation, it is hoped that Christian education and Christian spirituality will be able to maintain their existence by adhering to the truth of God's Word. In addition, there are challenges for Christian education and spiritual values that must be faced at this time. This article contains how Christian education and spirituality develop in the digital era and the use of technology wisely and continue to maintain Christian values and spiritual values. This study uses a library research method to analyze the development of Christian and spiritual education in the digital era. Therefore, researchers provide findings on how to apply technology to Christian education and spirituality so that technological advances not only have negative impacts, but also have very good opportunities to be used and applied.

 

Keywords: Chirstian Education;  Spirituality;  Digital Era

 

Abstrak

Era digital saat ini mengalami perkembangan teknologi yang semakin modern, sehingga memudahkan manusia untuk mendapatkan berbagai informasi, baik itu informasi yang bersifat membangun spritualitas atau informasi yang bersifat meruntuhkan setiap nilai Kristen dan spiritualitas kita. Pada saat ini telah terbuka peluang bagi setiap orang percaya untuk mendalami kehidupan sesuai dengan nilai Spiritualitas. Pendidikan Kristen dan spiritualitas harus mengalami transfomasi guna menyesuaikan perkembangan zaman yang ada. Dengan adanya transformasi tersebut, diharapkan pendidikan Kristen dan spritualitas Kristen mampu mempertahankan eksistensinya dengan tetap berpegang pada kebenaran Firman Tuhan. Selain itu ada tantangan tersendiri bagi pendidikan Kristen dan nilai spiritualitas yang harus dihadapi pada saat ini. Artikel ini berisi bagaimana pendidikan Kristen dan spiritualitas berkembang di era digital dan pemanfaatan teknologi dengan bijak dan terus mempertahankan nilai kekristenan dan nilai spiritualitas. Penelitan ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk menganalisis perkembangan pendidikan Kristen dan spiritual di era digital. Oleh karena itu, peneliti memberikan temuan mengenai bagaimana melakukan penerapan teknologi pada pendidikan Kristen dan spiritualitas sehingga kemajuan teknologi bukan hanya memberikan dampak negatif, tetapi juga memiliki peluang yang sangat baik untuk digunakan dan diterapkan.

 

Kata kunci: Pendidikan Kristen; Spiritualitas; Era Digital


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adriaan MF Wakkary, Roike Kowal, Ratrikusuma Wijaya, Ilona Karamoy, Jefri Wungow. “Kedudukan Formasi Spritualitas Dalam Pendidikan Teologi.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2016, 1–23.

Anastasia, Yonathan. “Pendidikan Kristen Berbasis Alkitabiah: Membangun Fondasi Iman Dan Spiritualitas Terhadap Generasi Era Digital.” Veritas Lux Mea 3, no. 1 (2021): 65–77. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2559421&val=24034&title=Gambaran Kepercayaan terhadap Mitos di Kelurahan Sikumana Kota Kupang.

Apriyanti. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal on Education, Vol.6, No. (2023).

Astuti, Tri Endah. Pendidikan Era Society 5.0. CV. Lumina Media, 2023.

Boiliu, Noh Ibrahim. “Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak.” Regulasi Jurnal Pendidikan Kristen Vol. 1, No (2016): 115.

Citraningsih. “Penggunaan Teknologi Menurut Iman Kristen Di Era Digital.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2883.

Darmalaksana, Wahyudin. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati, 2020.

Doni A. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 2 (2024): 196–210.

Ebenezer Gulo, Denisman Laia & Sandra Tapilaha. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Dididk Di Era Digital.” Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral Vol.3, No. (2024): 13–25.

G., Perry Downs. Teaching for Spiritual Growth: An Introduction to Christian Education. United States of America: Zondervan Publishing House, 2025.

Kolibu, Dirk R, Ramot Peter, Lamhot Naibaho, Stenly R Paparang, and Edward E Hanock. “Strengthening the Values of Christian Education in Facing the New Normal Era.” Psychology and Education Journal 58, no. 2 (2021): 10937–44. https://doi.org/10.17762/pae.v58i2.4104.

McGrath, Alister E. Christian Spirituality. UK: Blackweell Publishing, 2023.

Melan, M, O Gomor, Y Yappo, and ... “Spiritualitas Sosial Yang Bersumber Dari Kristus.” Jurnal …, no. 2 (2024). https://ejurnal.stpdianmandala.ac.id/index.php/magistra/article/view/107%0Ahttps://ejurnal.stpdianmandala.ac.id/index.php/magistra/article/download/107/135.

Otto, Ottovianus, and Sukamto. “Pembentukan Spiritualitas Kristen Melalui Latihan Rohani Personal Dalam Konteks Saat Ini.” Jurnal Luxnos 9, no. 2 (2023): 210–24. https://doi.org/10.47304/jl.v9i2.350.

Padakari, Seprianus L. “Spritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen Dalam Menjawab Tantangan Era Digital.” Jurnal Theologi Dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 1 No (2025).

Pasang, Agustina. “Spiritualitas Menurut Yohanes Calvin Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Warga Gereja Di Era New Normal.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 102–15. https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.19.

Priskila Issak Benyamin, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi,” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen6, No. 1 (2021): 62,.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol.6, No. (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.85.

Rangga, Oktavianus, Dyulius Thomas Bilo, and Dewi Yuliana. “PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN : Memperbaharui Pikiran Untuk Meningkatkan Spiritualitas Di Roma 12 : 2” 5, no. June (2024): 127–40. https://doi.org/10.55076/didache.v5i2.164.

Serdianus, Tjendanawangi Saputra dan. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENJAWAB TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA POSTHUMAN.” JURNAL GAMALIEL: TEOLOGI PRAKTIKA Volume 4 Nomor 1, Maret 2022, Hal : 44-61 Volume 4 N (2022): 44–61.

Simanjuntak, Ramses, Bakhoh Jatmiko, Anthoneta Ratu Pa, Hadi Siswoyo, and Albert Yusuf Langke. “Akomodasi Filsafat Pragmatisme Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran Di Era Digital.” Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 165–81. https://doi.org/10.38189/jan.v2i2.200.

Sinaga, Andri Vincent. “Spiritualitas Digital Gereja Menghadapi Disrupsi Teknologi: Sebuah Refleksi 1 Petrus 2: 5 Tentang Membangun Rumah Rohani Di Dunia Digital.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 5, no. 2 (2024): 131–44.

Siringo-ringo, Samuel. Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital. Gramedia, 2025.

Waruwu, Yamotani. “Khazanah Pemikiran Teologi , Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja Pendidikan Agama Kristen Dalam Era AI : Menggunakan Kecerdasan Buatan Untuk Personalisasi Pembelajaran Spiritual.” Jurnal Abdiel 2, no. 2 (2024): 151–65. https://doi.org/10.37368/ja.v8i2.786.

Yeremia, Yeremia. “Gereja Dan Generasi Z: Misi Dialogis Pada Ruang Virtual.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 7, no. 1 (2023): 28–44. https://doi.org/10.51730/ed.v7i3.115.

Yosafat, J. S. “Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan AGama Kristen Di Era Digital.” Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 2, no. 1 (2021): 36–47.




DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v8i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

toto slot